Jumat, 28 Oktober 2011

Quiz I - Bersifat Take Home Test


I.            Jelaskan apa yang anda ketahui tentang teknologi Input/Output
  1. DVORAK, QWERTY
  •  DVORAK
             Jenis keyboard yang dibuat pada tahun 1936 ini dibuat oleh August Dvorak (seorang profesor dan psikolog pendidik di University of Washington di Seattle) dan William Dealey. Keyboard Dvorak diciptakan berdasarkan prinsip kerja biomakanis dan efisiensi dengan 56% ketukan ada pada tangan kanan. Dvorak didukung oleh semua sistem operasi besar (Microsoft Windows, Mac OS X, Linux, dan BSD). Walaupun jenis keyboard Dvorak sudah lebih baik daripada jenis Qwerty, tetapi karena kalah duluan dalam hal pemasarannya Dvorak terpaksa harus mengalah dengan saingannya Qwerty yang jauh lebih dulu meluncur dan lebih banyak digunakan.
  • QWERTY
            Qwerty keyboard pertama kali diperkenalkan oleh Christopher pada tahun 1868, dan pertama kali digunakan pada sebuah masin tik buatan E. Remington pada tahun 1874. Penamaan keyboard Qwerty diambil sesuai dengan deretan huruf pada barisan paling atas pada keyboard. Keyboard jenis ini umumnya paling banyak digunakan saat ini.



 2. OCR, DMR, OpScan
  • OCR (Optical Character Recognition) : adalah alat mekanis yang digunakan untuk mengedit file printer, menerjemahkan tulisan tangan maupun naskah ketikan atau gambar yang diambil melalui scanner yang dapat di edit dengan suatu aplikasi / software komputer yang mendukung teknik OCR tersebut.
  • DMR (Digital Mark Reader) : adalah software yang dapat digunakan untuk membuat dan memproses Lembar Jawaban Komputer.
  • OpScan : merupakan perangkat scanner yang telah lama digunakan dalam dunia pendidikan untuk memindai hasil ujian sekolah dan penerimaan mahasiswa baru dengan tingkat akurasi yang tinggi.

 3. OMR
        OMR (Optical Mark Recognition) merupakan sebuah teknik pemrosesan untuk membaca data yang ditandai pada formulir khusus seperti LJK.

4. MICR
      MICR (Magnetik Ink Character Recognition) adalah mengenalan karakter teknologi yang digunakan terutama di industri perbankan untuk memfasilitasi pemrosesan cek dan membentuk nomor routing dan rekening dibawah cek. Teknologi ini memungkinkan komputer untuk membaca informasi (seperti nomor rekening) dari dokumen dicetak.

 5. RFID
     RFID (Radio Frequency Identification Device) adalah sebuah metode transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh yang di identifikasi menggunakan label RFID.

6. ASR
    ASR (Automtic Speech Recognition) merupakan sistem yang dapat mengenali masukan berupa kata - kata dalam kalimat. Memiliki fitur untuk menganalisis, mengklasifikasikan pola, dan pemrosesan bahasa.

7. CCD
   CCD (Charge Coupled Device) adalah sebuah sensor untuk merekam gambar atau objek, biasanya digunakan dalam fotografi digital dan astronomi.

8. CGA, EGA, VGA, XGA, SXGA, UXGA
  • CGA (Color Graphic Adapter) : Tipe monitor standar IBM yang memiliki resolusi rendah dan hanya dapat menampilkan 4 warna dalam mode grafis, dengan resolusi 320 x 200 pixel.
  • EGA (Enhanced Graphic Adapter) : Merupakan tipe monitor yang tingkatnya diatas CGA yang mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis, dengan resolusi 640 x 350 pixel.
  • VGA (Visual Graphic Adapter) : Merupakan tipe monitor yang paling banyak digunakan karena tampak lebih nyata di mata, mempunyai resolusi warna sampai jutaan warna.
  • XGA (eXtended Graphic Array) : XGA biasanya digunakan untuk persentasi atau menonton film dengan resolusi 1024 x 768 pixel dan 256 warna.
  • SXGA (Super eXtended Graphic Array) : adalah resolusi video yang mendukung max resolusi 1280 x 1024 pixel.
  • UXGA (Ultra eXtended Graphic Array) : adalah resolusi video yang mendukung max resolusi 1600 x 1200 pixel.

 9. Omnidirectional, Unidirectional, Noise Canceling, Echo Canceling
  • Omnidirectional : merupakan jenis mikropon yang dapat merekam suara dari semua arah.
  • Unidirectional : mikropon jenis ini hanya menyerap suara dari satu arah dan tidak sensitif terhadap suara - suara yang ada disekeliling lainnya.
  • Noise Canceling : merupakan mikropon yang dapat menghilangkan gangguan suara pada latar belakang.
  • Echo Canceling : meupakan mikropon yang dapat menghilangkan gema atau umpan balik yang muncul antara mikropon dengan pembicara.
 10. THX, DDS, Dts
  • THX : adalah nama dagang dari high-fideenlity audio / visual untuk reproduksi standar bioskop, kamar skrining, teater rumah, speaker komputer, konsol game, dan sistem audio mobil.
  • DDS (Digital Data Storage) :  adalah format untuk menyimpan komputer data yang pada Digital Audio Tape (DAT).
  • DDS (Direct Digital Synthesizer) : yaitu metode untuk menghasilkan sinyal analog atau sebuah teknik kuat yang digunakan dipembangkit sinyal di frekuensi radio untuk digunakan dalam berbagai aplikasi dari penerima audio.
  • Dts (Digital teater system) : adalah serangkaian multichannel audio teknologi yang dimiliki oleh DTS, Inc. Sebuah perusahaan amerika yang mengkhususkan diri dalam digital surround.
 11. Pasive Matrix dan Active Matrix
  • Pasive Matrix : Layar LCD biasanya berisi tidak lebih dari 240 baris resolusi, menggunakan kisi-kisi sederhana untuk memasok tuduhan ke pixel tertentu pada layar. Teknologi ini sering disebut Dual Scan monitor.
  • Active Matrix : LCD bergantung pada Thin Film Transistor (TFT) dan diatur pada substrat kaca.
 12. Dotmatrix, bubblejet, deskjet, impact, ink - jet, laser
  • Dotmatrix : adalah jenis printer komputer dengan kepala cetak yang berjalan bolak - balik, atau dalam gerakan naik dan turun, cara kerjanya agak mirip dengan mekanisme cetak pada mesin tik dengan kualitas resolusi cetaknya yang masih sangat rendah.
  • Bubblejet : adalah jenis printer komputer yang bekerja mencetak tulisan dengan cara memasukkan satu demi satu titik tinta cair ke area tulisan / gambar. Printer ini memiliki kecepatan cetak mencapai 22 ppm (paper per menit) untuk monochrome dan 14 ppm untuk warna.
  • Deskjet : merupakan nama merek untuk printer inkjet yang diproduksi oleh Hewlett - Packard Company. Memiliki 4 built-in tipografi dan kompatibel dengan font TrueType di Windows.
  • Impact : adalah jenis printer komputer yang proses kerjanya menggunakan jarum yang menghasilkan titik kotak (dot matrix).
  • Ink - Jet : adalah jenis printer komputer yang memberikan cetakan dengan cara menyemprotkan titik - titik tinta yang bermuatan listrik ke kertas cetakan.
  • Laser : adalah jenis printer komputer yang bentuknya mirip dengan mesin fotocopy, dengan kualitas cetak yang bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya.
13. LCD, EL, Plasma, CRT
  • LCD (Liquid Cyristal Display) : dikenal sebagai monitor flat atau latar data yang mampunyai resolusi lebih tinggi dibandingkan dengan CRT, yang mamiliki kemampuan data sampai jutaan.
  • EL (Electroluminescent) : merupakan teknologi monitor yang mengandung bahan yang berbahaya karena dialiri oleh arus listrik.
  • Plasma : merupakan inovasi baru dari teknologi yang digunakan oleh monitor, namun sayangnya energi yang diserap tidak sebesar monitor CRT.
  • CRT (Cathode Ray Tube) : merupakan teknologi termurah dibandingkan LCD dan Plasma, walaupun begitu resolusi yang ditampilkan sudah cukup baik untuk berbagai keperluan.

    II.            Jelaskan apa yang anda pahami tentang teknologi prossesor :
    1.  SSE, SSE2, SSE3
    • SEE (Streaming SIMD Extension) : merupakan pengembangan dan penyempurnaan dari teknologi MMX, dengan dukungan floating point 32 bit dan penambahan set register vektor 128 bit, yang memudahkan operasi SIMD dan FPU dalam waktu yang bersamaan.
    • SEE2 (Streaming SIMD Extension2) : suatu teknologi lanjutan dari SEE dengan SIMD 144 instruksi baru, pertama kali diterapkan pada processor Intel pentium III yang bernama sandi Katmai.
    • SEE3 (Streaming SIMD Extension3) : merupakan pengembangan dari teknologi SEE2 dengan tambahan 13 instruksi baru. Pertama kali diterapkan dan dikenalkan pada processor Prescott (golongan Pentium 4) yangg bernama sandi Prescott New Instruction (PNI).
         2.  3DNow!
               Sebuah nama teknologi yang dibuat oleh AMD yang berfungsi untuk memperbaiki aspek operasi multimedia, dan didesain untuk meningkatkan kemampuan CPU dibidang pengolahan vektor.


         3.  NXbit
              Teknologi yang digunakan processor untuk memisahkan sebagian area memory untuk tempat penyimpanan lain, misalnya tenpat penyimpanan data.
         4.  PowerNow!
             Teknologi yang digunakan oleh AMD untuk mengurangi kecepatan kerja processor dalam upaya menghemat energi (power), teknologi ini biasanya diaplikasikan pada processor mobile yang biasa digunakan untuk laptop.

         5.  Cool’n’Quiet
            Teknologi yang memungkinkan penggunaan power yang efektif dan sistem yang lebih hening saat menggunakan kinerja sesuai dengan kebutuhan.
         6.  Hyper - Threading
             Teknologi yang menggunakan lebih dari satu jalur Thread dalam sebuah processor sehingga mempercepat pemrosesan data.

         7.  Dual-Core
            Merupakan teknologi processor konvensional dengan dual core (inti processor) yang ditempatkan pada sebuah CPU untuk meningkatkan kinerjanya.
         8.  SpeedStep
            Merupakan teknologi yang memungkinkan sebuah processor dapat diubah clock speed-nya menjadi lebih rendah dari aslinya.

         9.  Hyper Transport
            Teknologi penggandaan BUS pada jalur sistem sehingga data dapat diantar dalam satu waktu lebih banyak.
         10.  MMX
              Merupakan sebuah teknologi instruksi microprocessor yang membantu proses penghitungan pada beberapa aplikasi, terutama aplikasi mutimedia, game, editor gambar 2D, kompresi/dekompresi, enkripsi dan aplikasi lainnya.
     
    III.            Jelaskan type BUS pada Personal Computer  di bawah ini
    1. ISA (Industry Standard Architecture) : adalah BUS generasi lama yang memiliki kecepatan rendah, lebar BUS ini 8 bit (digunakan pada IBM PC XT) atau 16 bit (IBM PC / AT).
    2. EISA (Extended Industry Standard Architecture) : BUS ini menyediakan slot 32 bit dan dikembangkan oleh Compaq dan di umumkan pada tahun 1988.
    3. VL-BUS (VESA Local Bus) : Bus ini dapat memindahkan 32 bit data per waktu, namun BUS ini tidak lagi digunakan karena sangat bergantung pada processor 486.
    4. PCI (Peripheral Component Interconnect) : memiliki lebar 32 bit atau 64 bit dan bus PCI ini memiliki kecepatan 4x lebih cepat daripada bus ISA, bus ini sering digunakan untuk kartu grafis, kartu suara, modem, dan kartu jaringan berkecepatan tinggi.
    5. AGP (Accelerated Graphics Port) : adalah BUS yang memiliki kecepatan 2x lebih cepat dari bus PCI ini dirancang untuk mendukung video dan grafik 3 dimensi.
    6. FireWire : adalah teknologi BUS yang relatif baru dan dibuat sebagai tanggapan atas kebutuhan pemindahan data dari audio dan video dengan kecepatan transfer mencapai 400 Mb / detik.
    7. USB (Universal Serial Bus) : berupa kabel yang digunakan sebagai koneksi secara sambung - menyambung dengan maksimal kecepatan transfer data sebesar 12 Mb/detik (untuk USB 1.0) dan 480 Mb/detik (untuk USB 2.0).
    8. PCI- Express (Peripheral Component Interconnect Express) : adalah slot ekspansi module, di desain untuk menggantikan PCI bus yang lama. Banyak motherboard mengadopsi PCI express dikarenakan PCI express memiliki transfer data yang lebih cepat, terutama untuk keperluan grafis 3D.
     
    IV.            Jelaskan teknologi Komputer
    1.  Komputasi Awan : adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet.
    2. Computer Hijau : merupakan komputasi yang mengacu pada komputasi ramah lingkungan. Tujuannya untuk mengurangi penggunaan bahan berbahaya, memaksimalkan efisiensi energi dan mempromosikan daur ulang atau biodegradabilitas produk mati dan limbah pabrik.
    3. Komputasi Kuantum : merupakan sebuah alat hitung yang barlandaskan pada  fenomena mekanika kuantum.
    4. Komputasi Optik : merupakan salah satu teknologi yang menggunakan cahaya untuk menghidupkan komputer dalam bahasa teknik dinamakan opto-elektronik. Jadi komputer tidak menerima arus listrik.
    5. Komputasi DNA : Suatu bentuk komputasi yang menggunakan DNA, biokimia dan biologi molekul, bukan berbasis silikon seperti konvensional komputer teknologi.
    6. Komputasi Pararer : adalah teknik melakukan komputasi secara bersamaan yang memanfaatkan beberapa komputer independen.
    7. Komputasi Vektor : yaitu objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik - titik dan garis menggunakan rumus matematika bisa dikatakan sebagai komputer penghitungan yang terdiri dari nilai atau variabel yang di identifikasi dalam satu indeks.
     
    V.            Jelaskan teknologi port I/O dibawah ini
    1. COM (Communication) :  Port ini sering digunakan untuk menghubungkan atau mentransfer data secara serial.
    2. Pararel : Bekerja atas dasar 8 bit per waktu, cocok untuk pengiriman data dengan cepat tetapi dengan kabel yang pendek (tidak lebih dari 15 kaki).
    3. USB (Universal Serial Bus) : adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung yang akhir-akhir ini sangat populer dan dapat menghubungkan berbagai peranti dengan kecepatan yang tinggi dibandingkan port serial maupun pararer.
    4. SCSI (Small Computer System Interface) : adalah jenis port yang memungkinkan koneksi antara peranti dalam bentuk sambung - menyambung. Kecepatan transfernya adalah 32 bit per waktu.
    5. Infrared : merupakan cahaya yang tidak tampak, digunakan untuk mendukung hubungan tanpa kabel.
    6. Serial : merupakan komunikasi data dengan pengiriman data secara berorientasi dengan menggunakan satu jalur kabel data.
    7. HDMI : adalah sebuah interface yang mambundle input video dan audio sekaligus. Fungsinya adalah untuk menyampaikan data dari mesin penghasil video maupun audio ke media lain yang didesain untuk menerimanya.
    8. 1394 : IEEE 1394 adalah standar koneksi internasional, yakni "interface digital" antara komputer dan barang elektronik rumah tangga digital.

    VI.         Apa yang anda pahami tentang teknologi slot expansion
    1. VGA Card : Video Graphics Adapter berfungsi untuk mengolah data graphis dan ditampilkan di layar monitor, kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor.
    2. Sound Card : adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan rekaman suara.
    3. Lan Card : merupakan penghubung antara system computer dengan kinerja computer lain.
    4. Multimedia Card : suatu perangkat keras computer yang berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja untuk multimedia.
    5. TV Card : merupakan perangkat computer yang mampu memproses sinyal televisi sehingga dapat ditampilkan di layar monitor pada computer.
    6. FM Card : adalah perangkat computer yang bisa membuat computer mampu memproses sinyal radio untuk menjadi suara karena spektrum gelombang menggunakan frequensy.
    7. Game Card : adalah kartu untuk  bermain game.
    8. Modem Card : adalah singkatan dari MOdulator DEModulator. Modulator berfungsi untuk  mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa dan Demodulator yang memisahkan kedua bagian tersebut (sinyal informasi dan sinyal pembawa). dengan demikian Modem dapat diartikan sebagai alat komunikasi dua arah atau penggabungan dari ke dua sinyal tersebut yang biasa digunakan dalam komunikasi pada komputer.
     


    Sumber :

    http://id.wikipedia.org/
    http://en.wikipedia.org/
    http://computerhope.com/
    http://scribd.com/
    http://digitalmarkreader.com/
    http://howstuffworks.com/ 
     

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

     
    Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host